Senin, 31 Maret 2014

Akuntansi Internasional

PENETAPAN HARGA TRANSFER

         Arti Luas, Harga produk/ jasa yang ditransfer antar pusat pertanggungjawaban dalam perusahaan. Arti Sempit, Harga produk/ jasa yang ditransfer antara dua divisi (pusat laba) atau lebih.
       Prinsip dasar harga transfer, harga transfer harus serupa dengan harga yang dibebankan jika produk dijual kepada pihak luar atau jika produk dibeli dari  pihak luar.

Tujuan Penentuan Harga Transfer :
1.    Memberikan informasi yang relevan kepada masing-masing unit usaha untuk menentukan timbal balik yang optimum antara biaya dan pendapatan.
2.    Menghasilkan keputusan yang selaras dengan cita-cita / mencapai keselarasan tujuan.
3.    Membantu pengukuran kinerja ekonomi dari unit usaha individual.
4.    Sistem tersebut harus mudah dimengerti dan dikelola / mudah dan sederhana.

Harga transfer berdasarkan harga pasar akan menghasilkan keselarasan tujuan, jika terpenuhi kondisi dibawah ini :
1.      Orang yang kompeten.
2.      Iklim yang baik.
3.      Harga pasar.
4.      Kebebasan memperoleh sumber daya.
5.      Arus informasi penuh.
6.      Negosiasi.
7.      Kriteria ganda : objektif, realisme, adil.

Metode Penentuan Harga Transfer :
1.      Metode Harga Transfer Berdasar Harga Pasar / Metode harga pasar
Definisi : metode penentuan harga transfer barang / jasa antar pusat laba didasarkan harga pasar dikurangi penghematan biaya karena produk tersebut ditransfer antar divisi, ada 2 kondisi ;
a.       Divisi dengan sumber independen (tanpa kendala sumber )
            Jika divisi penjual dapat menjual produknya di pasar luar dan divisi pembeli dapat membeli barang/jasa yang diperlukannya dari sumber luar à setiap divisi bebas dari divisi lainnya, penentuan harga transfer à harga pasar tanpa kendala sumber.
b.      Divisi dengan kendala sumber
                        Seringkali divisi tidak memiliki kebebasan untuk memperoleh sumber, karena :
1.      Industri terintegrasi
2.      Tidak ada sumber luar
3.      Menghindari resiko pemasok luar
4.      Investasi Besar
5.      Penentuan harga transfer, harga kompetitif / harga bersaing.
6.      Publikasi harga perusahaan lain, didasarkan pada harga pasar yang diterbitkan perusahaan lain.
7.      Penawaran harga pihak luar, meminta penawaran harga pasar produk sejenis dari pihak luar.
8.      Harga beli divisi lain, meniru harga beli produk sejenis yang dibeli oleh pusat laba lain pada pasar yang kompetitif.
9.      Harga jual divisi lain, meniru penentuan harga pasar pusat laba lainnya yang menjual produknya kepada pihak luar secara kompetitif.
10.  Harga taksiran, menaksir secara langsung harga pasar produk yang ditransfer.
c.       Harga pasar yang dimodifikasi
     Definisi : harga pasar produk dikurangi dengan biaya - biaya yang dapat dihemat (dihindari atau ditekan) karena produk ditransfer ke pusat laba lain.
d.      Keuntungan dan kelemahan metode transfer berdasarkan harga pasar
·           Keuntungan
1.    Mencerminkan transaksi independen, adalah transaksi yang dilakukan oleh dua pihak atau atau lebih secara bebas.
2.    Merupakan dasar yang baik untuk pembuatan keputusan, harga pasar dapat dipakai sebagai dasar pembuatan keputusan untuk menjual barang/jasa ke pihak luar atau transfer ke divisi lain.
3.    Menjadikan setiap divisi sebagai satuan bisnis independen.



·         Kelemahan
1.      Tidak semua produk yang ditransfer antar divisi memiliki harga pasar.
2.      Harga pasar seringkali berubah, sehingga harga transfer produk antar divisi perlu dihitung kembali.
3.      Daftar harga seringkali tidak mencerminkan harga pasar sesungguhnya atau harga pasar produk yang ditransfer tidak termuat dalam daftar harga sehingga untuk memperoleh informasi harga pasar perlu tambahan pengorbanan waktu dan biaya.
4.      Penghematan biaya yang timbul karena produk ditransfer kedivisi lain atau tidak dijual ke pihak lain, seharusnya tidak hanya dinikmati oleh divisi pembeli saja, tetapi juga harus diperhitungkan pula untuk divisi penjual.

2.      Metode Transfer Berdasar Biaya
Dapat digunakan jika terdapat kondisi - kondisi sebagai berikut :
1.    Pada pasar kompetitif tidak tersedia informasi harga jual produk yang ditransfer. Keadaan ini timbul jika produk yang ditransfer merupakan produk yang belum selesai sehingga tidak diperjualbelikan di pasar.
2.    Kesulitan dalam penetuan harga jual yang disebabkan oleh perselisihan antarmanajer divisi.
3.    Jika produk yang ditransfer mengandung formula atau proses rahasia sehingga tidak diinginkan untuk diungkapkan pada pihak lain.
Penentuan harga transfer ditentukan sebesar biaya ditambah laba, sehingga akan ada dua keputusan penting :
1.    Komponen biaya yang diperhitungkan ke dalam harga transfer.
2.    Komponen laba yang  diperhitungkan ke dalam harga transfer.


Sumber : https://www.google.com/#q=penentuan+harga+transfer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar