Sabtu, 06 Oktober 2012

Tugas Etika Profesi Akuntansi

Tugas 1

1. Apa yang dimaksud dengan kode etik? Berikan contohnya!
Jawab :
Kode etik merupakan suatu bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada dan pada saat dibutuhkan akan dapat difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara umum dinilai menyimpang dari kode etik.

Contoh penerapan kode etik :
·        Kode Etik Guru
“ Guru memiliki kewajiban untuk membimbing anak didik seutuhnya dengan tujuan membentuk manusia pembangunan yang pancasila ”. Inilah bunyi kode etik guru yang pertama dengan istilah “ berbakti membimbing ” yang artinya mengabdi tanpa pamrih dan tidak pandang bulu dengan membantu ( tanpa paksaan, manusiawi ). Istilah seutuhnya lahir batin, secara fisik dan psikis. Jadi guru harus berupaya dalam membentuk manusia pembangunan pancasila harus seutuhnya tanpa pamrih.
·         Kode Etik Guru Pembimbing / Konselor Sekolah
“ Konselor harus menghormati harkat pribadi, integritas dan keyakinan kliennya ”. Apabila kode etik itu telah diterapkan maka konselor ketika berhadapan dalam bidang apapun demi lancarnya pendidikan diharapkan memiliki kepercayaan dengan kliennya dan tidak membuat kliennya merasa tersinggung.

2. Etiskah anda jika anda menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Tidak etis, karena menurut saya mobil dinas adalah kendaraan atau fasilitas yang diberikan oleh dinas atau institusi kepada seseorang untuk menunjang segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan dinas. Jadi apapun alasannya jika itu untuk kepentingan pribadi menurut saya sangat tidak etis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar