PENETAPAN
HARGA TRANSFER
Arti
Luas, Harga
produk/ jasa yang ditransfer antar pusat pertanggungjawaban dalam perusahaan. Arti
Sempit, Harga
produk/ jasa yang ditransfer antara dua divisi (pusat laba) atau lebih.
Prinsip
dasar harga transfer, harga
transfer harus serupa dengan harga yang dibebankan jika produk dijual kepada
pihak luar atau jika produk dibeli dari
pihak luar.
Tujuan
Penentuan Harga Transfer :
1.
Memberikan informasi yang relevan kepada
masing-masing unit usaha untuk menentukan timbal balik yang optimum antara
biaya dan pendapatan.
2.
Menghasilkan keputusan yang selaras
dengan cita-cita / mencapai keselarasan tujuan.
3.
Membantu pengukuran kinerja ekonomi dari
unit usaha individual.
4.
Sistem tersebut harus mudah dimengerti
dan dikelola / mudah dan sederhana.
Harga transfer berdasarkan harga pasar
akan menghasilkan keselarasan tujuan, jika terpenuhi kondisi dibawah ini :
1. Orang
yang kompeten.
2. Iklim
yang baik.
3. Harga
pasar.
4. Kebebasan
memperoleh sumber daya.
5. Arus
informasi penuh.
6. Negosiasi.
7. Kriteria
ganda : objektif,
realisme, adil.
Metode Penentuan Harga Transfer :
1.
Metode Harga
Transfer Berdasar Harga Pasar / Metode harga pasar
Definisi : metode penentuan harga transfer barang / jasa
antar pusat laba didasarkan harga pasar dikurangi penghematan biaya karena
produk tersebut ditransfer antar divisi, ada 2 kondisi ;
a.
Divisi dengan
sumber independen (tanpa kendala sumber )
Jika divisi penjual dapat
menjual produknya di pasar luar dan divisi pembeli dapat membeli barang/jasa
yang diperlukannya dari sumber luar à setiap divisi bebas dari divisi lainnya, penentuan
harga transfer à harga pasar tanpa kendala sumber.
b.
Divisi dengan
kendala sumber
Seringkali divisi tidak memiliki kebebasan untuk memperoleh sumber,
karena :
1.
Industri
terintegrasi
2.
Tidak ada
sumber luar
3.
Menghindari
resiko pemasok luar
4.
Investasi
Besar
5.
Penentuan
harga transfer, harga kompetitif / harga bersaing.
6.
Publikasi
harga perusahaan lain, didasarkan pada harga
pasar yang diterbitkan perusahaan lain.
7.
Penawaran
harga pihak luar, meminta penawaran harga pasar produk sejenis dari
pihak luar.
8.
Harga beli
divisi lain, meniru harga beli produk sejenis yang dibeli oleh
pusat laba lain pada pasar yang kompetitif.
9.
Harga jual
divisi lain, meniru penentuan harga pasar pusat laba lainnya yang
menjual produknya kepada pihak luar secara kompetitif.
10.
Harga taksiran, menaksir secara langsung harga pasar produk yang
ditransfer.
c.
Harga pasar
yang dimodifikasi
Definisi : harga pasar produk dikurangi dengan biaya - biaya yang dapat dihemat (dihindari atau ditekan) karena produk
ditransfer ke pusat laba lain.
d.
Keuntungan dan kelemahan metode transfer berdasarkan harga pasar
·
Keuntungan
1.
Mencerminkan
transaksi independen, adalah transaksi yang dilakukan oleh dua pihak atau atau
lebih secara bebas.
2.
Merupakan
dasar yang baik untuk pembuatan keputusan, harga pasar dapat dipakai sebagai
dasar pembuatan keputusan untuk menjual barang/jasa ke pihak luar atau transfer
ke divisi lain.
3.
Menjadikan
setiap divisi sebagai satuan bisnis independen.
·
Kelemahan
1.
Tidak semua
produk yang ditransfer antar divisi memiliki harga pasar.
2.
Harga pasar
seringkali berubah, sehingga harga transfer produk antar divisi perlu dihitung
kembali.
3.
Daftar harga
seringkali tidak mencerminkan harga pasar sesungguhnya atau harga pasar produk
yang ditransfer tidak termuat dalam daftar harga sehingga untuk memperoleh
informasi harga pasar perlu tambahan pengorbanan waktu dan biaya.
4.
Penghematan
biaya yang timbul karena produk ditransfer kedivisi lain atau tidak dijual ke
pihak lain, seharusnya tidak hanya dinikmati oleh divisi pembeli saja, tetapi
juga harus diperhitungkan pula untuk divisi penjual.
2. Metode Transfer Berdasar Biaya
Dapat
digunakan jika terdapat kondisi - kondisi sebagai berikut :
1.
Pada pasar kompetitif tidak tersedia
informasi harga jual produk yang ditransfer. Keadaan ini timbul jika produk
yang ditransfer merupakan produk yang belum selesai sehingga tidak
diperjualbelikan di pasar.
2.
Kesulitan dalam penetuan harga jual yang
disebabkan oleh perselisihan antarmanajer divisi.
3.
Jika produk yang ditransfer mengandung
formula atau proses rahasia sehingga tidak diinginkan untuk diungkapkan pada
pihak lain.
Penentuan
harga transfer ditentukan sebesar biaya ditambah laba, sehingga akan ada dua
keputusan penting :
1.
Komponen biaya yang diperhitungkan ke
dalam harga transfer.
2.
Komponen laba yang diperhitungkan ke dalam harga transfer.
Sumber : https://www.google.com/#q=penentuan+harga+transfer